Kendala input nilai Mata Pelajaran Muatan Lokal di Sem 2

Banyak sekolah yang melakukan kesalahan input referensi kurikulum Muatan Lokal pada awal implementasi PAS-SMA. Akibatnya ketika masuk ke semester dua nilai mata pelajaran muatan lokal tidak bisa di masukkan.

Solusi dari masalah ini adalah :
1. cek dan lengkapi kembali referensi kurikulum muatan lokal yang ada di Referensi tingkat sekolah – akademik – kurikulum muatan lokal.
2. masukkan SK dan KD dari setiap kurikulum muatan lokal yang di tambahkan
3. jangan lupa untuk menyimpan setiap kali memasukkan data.
4. setelah di pastikan seluruh mata pelajaran mutan lokal di masukkan dan data nilai tetap tidak bisa di masukkan di semester 2 maka langkah selanjutnya adalah melakukan langkah “pamungkas”.
langkah pamungkas :

Pada referensi tingkat periodikal – per tahun ajaran – penentuan program pengajaran ubah program pengajaran dari misalnya KTSP ubah ke KBK kemudian simpan. kemudian ubah kembali dari KBK ke KTSP kemudian simpan kembali.

Langkah berikutnya tinggal restrart kembali aplikasi PAS-SMA, kemudian bisa kita lanjutkan input nilai muatan lokal di semester 2.

Semoga membantu.

19 thoughts on “Kendala input nilai Mata Pelajaran Muatan Lokal di Sem 2

  1. Maaf ni Mas Maryanto mau ngerepotin..
    Saya sudah mencoba mengganti KTSP ke KBk tetapi muncul pemberitahuan data yang dihapus sudah dipakai..
    Bagaimana ya Mas..
    Mohon petunjuk…Terima Kasih.

    • mohon detail kasusnya ?
      untuk penghapusan data di PAS-SMA memang sangat terkait dengan data tersebut apakah sudah di pakai pada tabel yang lain apa belum, jadi ketika menghapus data harus di cari urut-urutan penghapusan data …

      • Makasih Mas..
        kasusnya.. saya menggunakan PAS v.5.3 saya udah cek langkah2 referensinya semua udah ok, pada saat mengisi nilai mulok masih ga bisa di save (kesalahan operasional)..
        saya coba langkah KTSP diubah KBK dan sebaliknya tetapi pada saat mau merubah KTSP ke KBK ga bisa “operasi tidak dapat dilakukan data kunci yang dihapus dipakai data yang lain”
        Saya harus mulai dari mana ya…

      • Saran saya yang pertama lebih baik di update ke versi terbaru 6.0, selama ini langkah perubahan KTSP ke KBK pada menu penentuan program pengajaran pertingkat saya lakukan lancar – lancar saja, langkah ini sebenarnya di gunakan untuk memasukkan beberapa record pada tabel – tabel yang ada di database, fungsinya untuk mengenalkan mata pelajaran muatan lokal pada kelompok mata pelajaran yang di ajarkan, jadi ketika mata pelajaran tersebut di panggil untuk penilaian dia akan siap di gunakan,

        Kesalahan yang terjadi karena ketika menentukan kurikulum muatan lokal belum selesai tetapi sudah di lakukan langkah penentuan program pengajaran pertingkat,

        Itu masih bisa di perbaiki secara manual di dalam database, dengan cara menambahkan referensi kode mata pelajaran muatan lokal tersebut ke tabel – tabel yang di butuhkan untuk penilaian, ini harus di lakukan oleh seseorang yang mengerti betul bagai mana bermain perintah – perintah sql.

  2. mas tolong dibantu..
    kalo dari semester 1 input nilai raport tidak bisa dengan laporan “baca quick reff” itu kenapa lagi ya??padahal di Mulok Kurikulum sudah diisi dan sudah ikut bolak-balik kbk-ktsp..tapi tetap sama saja hasilnya..tolong dibantu..terima kasih..

    • Untuk Pak Arief, Nilai raport bisa di masukkan ketika proses rekap absensi sudah di lakukan, sebelumnya tentu data transaksional (penilaian harian, keuangan, pembayaran siswa, absensi) sudah di masukkan.

    • 1. Untuk menampilkan foto pada biodata, caranya
      a. foto siswa di beri nama sesuai dengan nis dan di simpan dalam folder yang sesuai dengan 2 digit nis pertamanya, contoh 17899 di simpan dalam folder dengan nama 17
      b. direktori pic di PAS harus di share
      c. pada server maupun client di buat map netword dengan driver P untuk maping ke direktori foto yang sudah di share.

      2. Cetak label buku harus di lakukan setelah data buku sudah di masukkan, kemudian bisa kita lakukan cetak label buku dengan menggunakan menu 2.3.1 Cetak Label Buku

      3. Cetak kartu anggota bisa kita lakukan setelah kita mendaftarkan siswa aktif di PAS ke dalam anggota perpustakaan dan di cetak menggunakan menu 3.2.2 Cetak Kartu Anggota Siswa

      4. PAS-OPAC akan otomatis jalan ketika data di PAS – Perpustakaan sudah berisi data – data dan proses yang di perlukan

      untuk panduan langkah demi langkahnya ada di buku panduan yang di sertakan ketika instalasi PAS-SMA versi 6.0

  3. pak mohon bantuaannya, ketika pengentrian nilai raport tahun ini dari kami ada kesalahan yakni : ketika komputer dalam kondisi standby saya aktifkan dengan memencet mouse kiri 2 kali, tapi ternyata yang terklik kursos berada pada form validasi. nach sampai sekarnag kami masih menghubungi pihak2 terkait, tapi belum ada jawaban yang memuaskan. karena hanya mendapat jawaban. untuk nunggu instruksi dari dinas pusat. tapi sudah hampir 2 minggu lebih saya laporan ke dinas provinsi belum ada tanggapan

    • Mohon maaf saya tidak tau apa yang Bapak maksudkan?
      karena untuk entry nilai raport ada dua prosedur yaitu manual dan otomatis
      Manual artinya seluruh nilai raport akan di import dari format excel, setelah nilai masuk dan ada perubahan, bisa di lakukan di interface PAS.
      Otomatis artinya nilai raport hanya bisa di masukkan dari interface PAS-SMA.
      Untuk kedua metode ini tidak bisa di gabungkan, jadi hapus pilih salah satu yang di lakukan setelah proses rekap absensi siswa.

      • makasud saya gini pak. sistem entry nilai kami kemaren langsung di web data.pdk.jateng. biosistem OL tapi ketika input nilai tersebut saya tinggal ngawasi try out, ketika saya kembali komputer dalam kondisi standby saya aktifkan dengan memencet mouse kiri 2 kali, tapi ternyata yang terklik kursos berada pada form validasi. di Url cetak data. termakasih atas jawabannya

      • o0o, … jadi ini bicara sistem lain bukan PAS-SMA atau SMK …🙂
        kalau itu silahkan di sampaikan ke yang lebih tau atau lebih tepat.
        …..:)

  4. Pak mau tanya soal entry nilai rapor t semester 1, punya saya nilai muatan lokal untuk kelas XI dan XII tidak aktif, yang aktif untuk kelas X saja. Gimana ya pak mohon bantuannya

    • Nilai Mata Pelajaran muatan lokal, harus di mulai dari referensi tingkat sekolah di awal implementasi PAS – SMA.
      kalau ada masalah di implementasi harus di lacak dari awal data – data yang terkait dengan masalah mulok harus di cek dari sana.

  5. pak mau tanya…. data untuk menampilkan absen siswa pda data apa saja yang dilengkapi??? soalnya ne data siswanya dah masuk??? tp ndak mau tampil di cetak absen

    • Siswa bisa di tampilkan di Cetak Daftar Siswa di PAS hanya jika telah di tempatkan di Rombel atau Kelas masing – masing.
      Sehingga setelah biodata di masukkan harus di ikuti dengan penempatan kelas pada Rombel atau Kelas masing – masing.

  6. mas maryanto saya mau tanya, bagaimana cara menghapus mata pelajaran didalam kurikulum muatan lokal karna pelajaran tersebut tidak lagi diajarkan.
    tolong balasannya ke alamat ini: azisjavier@gmail.com
    terimaksih atas jawabn dan petunjuknya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s