Update Paket Aplikasi Sekolah – SMA

Pengguna Paket Aplikasi Sekolah – SMA memang seringkali kesulitan untuk mendapatkan update – update aplikasi PAS-SMA. Di sini saya coba tempatkan update – update PAS-SMA.

Untuk melakukan update aplikasi PAS-SMA harus di lakukan bertahap,

sebagai contoh saat ini menggunakan PAS-SMA versi 5.00 maka untuk menjadikkannya versi 5.30 harus dengan melalui tahap seperti di bawah ini :

PAS-SMA Versi 5.00  —-> di update ke PAS-SMA Versi 5.10

PAS-SMA Versi 5.10  —-> di update ke PAS-SMA Versi 5.20

PAS-SMA Versi 5.20  —-> di update ke PAS-SMA Versi 5.30

Untuk update PAS-SMA bisa di dapatkan di sini

http://www.4shared.com/dir/qoB2h-vH/PAS-SMA_Update.html

25 thoughts on “Update Paket Aplikasi Sekolah – SMA

      • terima kasih mas . mas maryanto saya mengunakan PAS versi 5.3 alhamdulilah lancar2 saja sampai komputer server terkena virus sehingga muncul fatal disk,eror!! dan PAS tidak bisa dibuka diserver, tetapi di client bisa ,, gimana ya mas solusinya mengatasi virus supaya aman buat PAS?trus antivirus apa yang dapa melindungi PAS ?trims

      • @Opiana : yang paling penting sebenarnya proses backup database PAS-SMA kita karena backup itu akan menjadi senjata paling ampuh ketika server kita down (mati-error-kena virus). Setau saya belum ada virus yang menyerang database PAS-SMA, klo virus menyerang windows banyak, jadi kebanyakan yang terkena virus adalah windows nya bukan PAS-nya.
        untuk mencegah masuknya virus di server PAS, server PAS-SMA harus steril dari pengguna yang tidak berhak, dan dia bukan komp yg di pakai untuk operasional harian, untuk antivirus banyak yang bisa manfaatkan baik yang berbayar dan gratisan.

    • saya dari sma muhammadiyah kota jayapura, papua, mohon kepada bpk untuk meberikan petunjuk bagamaina cara patch pas sma versi 5.00 ke versi 5.01 dan versi 5.01 ke versi 5.2 serta versi 5.2 ke vrsi 3

      terima kasih
      hormat kami

  1. Salam kenal, saya dari SMAN 1 Sumber Kabupaten Cirebon

    Saat ini di sekolah kami masih menggunakan PAS SMA versi 5.10, karena saat saya coba untuk update ke versi yang baru (5.20) dan data direstore kembali, kemudian saya jalankan memang bisa berjalan tapi saat saya coba buka data siswa (5.1.1, 5.1.2, dan 5.3) terdapat pesan error “Kesalahan Operasional, Baca manual untuk melanjutkan” padahal ketika saya buka modul 5.3 data siswa tersebut ada.

    mohon sarannya supaya masalah tersebut bisa diatasi, terima kasih

    oh ya proses yang saya lakukan untuk menjadi PAS SMA versi 5.10 adalah PAS-SMA Versi 5.00 —-> di update ke PAS-SMA Versi 5.10 kemudian data saya backup –> uninstall PAS SMA v.5.00 –> instal PAS SMA versi 5.10 (installer/bukan update)

    • @ Bpk Kasan Hermawan :
      Memang update di versi 5.20 ada masalah di interfasenya pak, jadi saran saya langsung di update 5.10 -> 5.20 -> 5.30 aja, karena kesalahan di update versi 5.20 sudah di perbaiki di versi 5.30. Tetapi jangan lupa untuk backup data dulu sebelum di update (untuk jaga-jaga) barangkali update gagal, …..

    • PAS-SMA tidak bisa di gunakan di SMK Pak, karena banyak sekali perbedaannya … ..kami di Propinsi DIY pernah mencoba hal itu tetapi ternyata banyak sekali hal – hal yang menyebabkan PAS-SMA tidak bisa di terapkan di SMK … (kalau tidak salah di pusat juga mempersiapkan PAS-SMK tetapi saya kurang tau sampe di mana sekarang)

      • terima kasih atas infonya pak, semoga PAS-SMA bisa terus berkembang dan dapat membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia, terus PAS-SMK bisa cepat2 release,

    • Yup, SIMPAS yg mana nih ? SIMPAS(Bpk. Nyoman Pasek) memang web yang terhubung dengan Paket Aplikasi Sekolah, untuk perubahannya silahkan menghubungi developernya Bpk. Nyoman Pasek … beliau yg develop SIMPAS, ….

      • SIMPAS yg umum bukan buatan nyoman pasek memang ada ya mas??trus sy maw posting web mas dengan db pas sbg databasenya.mhn infonya.

      • maksud saya PAS versi web bikinan masing – masing sekolah banyak yang bikin ….🙂

        untuk upload simpas di hosting tentunya di dahului dengan backup database yang ada di server PAS-SMA di sekolah, kemudian buat database di hosting (import hasil backup tadi) dilanjutkan dengan upload web simpas-nya, ubah konfigurasinya sesuai dengan hosting nya. selesai …..

        namun sebenarnya bukan itu tujuan utama pas di bikin web, harusnya PAS di bikin web untuk melayani para pengguna PAS-SMA agar lebih mudah dan fleksibel dalam mengakses data PAS-SMA, tentunya data itu harusnya realtime update, jadi harusnya server PAS-SMA itu yang di berikan IP Public untuk bisa di akses dari jaringan internet, dengan update data di sekolah bisa langsung terupdate juga data di simpa atau pas-webnya ..

        Karena PAS-SMA tujuan utama nya adalah manajemen administrasi yang ada di sekolah.

  2. trimakasih mas maryanto atas jawabnnya, sangat membantu..thanks..oiya mas saya lanjutkan sharingnya ya, setelah PAS tidak jalan di windows xp yang terkena virus itu akhirnya saya instal ulang windows xp nya saya ganti menjadi windows 7 setelah jalan saya instal PASnya alhamdulilah tidak terjadi masalah lancar2 saja. lalu saya instal PAS diclient.tapi setelah dijalankan PAS diclient tidak bsa jalan muncul odbc conector eror, tidak dapat terhubung dengn Server, pertanyaan saya apakah PAS untuk server bisa mengunakan win 7 ? kalo bisa bagaimana langkahnya supaya di client tidak munculodbc conector erorc dan dpat terhubung dengan server lagi???

    • yang saya pahami server anda menggunakan windows7, dengan begitu kita harus menambahkan exception di firewall servernya dengan port 33066, dengan begitu port tersebut nantinya bisa di akses dari komputer lain dan di ijinkan oleh server tersebut,
      di client juga lebih baik di beri add exception di firewall dengan port 33066 sehingga komunikasi database antara client dan server bisa lancar di port tersebut.

  3. salam kenal saya dari kota jayapura, papua menemui kenadalan dalam patch pas sma versi 5.00 ke versi terbaru krn tdk punya aplikasinya.
    sya mhn dengan hormat bpk untuk memberi petunjuk dan solusinya.

    terima kasih.

  4. Mau tanya Simpas yang buatan nyoman pasek, kok setelah coba impor data basenya yang timbul pesan eror kenapa ya ? bisa bantu ga

Leave a Reply

