Install Otomigenx (Sistem Administrasi Perpustakaan)

Dewasa ini kebutuhan sistem informasi semakin tinggi, salah satunya sistem informasi perpustakaan. Beberapa hari yang lalu saya di ajak ngobrol sama pustakawan di kantor. Ternyata sistem yang selama ini di pakai di perputakaannya masih minim  fiturnya. Terutama pada sisi pelaporan yang kuran lengkap.

Setelah beberapa saat browsing dan mencari beberapa informasi di Internet, akhirnya ada informasi dari temen coba pakai OtomigenX salah satu sistem informasi perpustakaan open source yang di kembangkan oleh ITB. Setelah mendapatkan link ini segera aku download master OtomigenX.

Ukuran file masternya 5,4 MB lumayan lama aku downloadnya. Kemudian setelah proses download selesai segera aku cari manual installasinya. Ternyata cari di sana – sini aku tidak menemukan file manual instalasinya ……….

Ketemu dengan teman di facebook kemudian share tentang cara install Otomigenx akhirnya dapat cara instalasinya. Secara garis besar cara install OtomigenX cukup sederhana :

1. Download master OtomigenX

2. Siapkan komputer yang akan di jadikan server

3. Siapkan aplikasi pendukung (php, mysql) saya di sini pakai XAMPP (dah lengkap paketnya).

4. Karena saya menggunakan XAMPP maka segera aku install XAMPP ke kompi yang akan di jadikan server di Drive C

5. Extrac master OtomigenX yang telah download tadi

6. Buat database untuk OtomigenX (bisa di buat di Phpmyadminnya xampp)

7. Import database “OtomigenX” yang ada di C:\xampp\htdocs\perpustakaan\data\sql\otomigenx.sql

8. Kembali ke forlder “Perpustakaan” atau “OtomigenX” yang tadi kita persiapkan

9. Kita persiapkan file config.php dengan masuk ke folder C:\xampp\htdocs\perpustakaan\conf

10. Copy paste isi dari config_default.php ke config.php yang akan kita buat

11. Edit konfigurasi di config.php di bagian konfigurasi database

12. Kita lanjutkan mencoba mengakses sistem yang telah kita persiapkan dengan cara masuk http://localhost/perpustakaan

13. Kita akan langsung di arahkan ke install.php atau proses install

14. Masukan konfigurasi Database dan Site, kemudian klik tombol next

15. Klik pada “run the install”

16. Klik pada “Launch otomigenX”

17. Selesai ….

Beberapa proses saya dokumentasi seperti di bawah ini . Semoga bermanfaat

18 thoughts on “Install Otomigenx (Sistem Administrasi Perpustakaan)

    • ketika intall kita di minta untuk memasukan user name untuk admin dan passwordnya, itu yang di gunakan untuk login ke sistem sebagai Admin, kemudian ketika login pilih Tipe User sebagai staff.

  1. pak maryanto, saya coba intall tapi ada masalah.

    di situ instalasi complet, tapi pas coba masuk muncul script yg antara lain seperti ini :

    Deprecated: Call-time pass-by-reference has been deprecated in C:\AppServ\www\otomigenx\db\mysql.db.php on line 120

    Strict Standards: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. Please use the date.timezone setting, the TZ environment variable or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘Asia/Krasnoyarsk’ for ‘7.0/no DST’ instead in C:\AppServ\www\otomigenx\conf\config.php on line 366

    Mohon solusi dan informasinya

    • Sebelumnya terimakasih sudah mampir …
      Saya sendiri belum pernah mendapatkan “hal” seperti ini, tetapi menurut saya ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi :
      1. Seting waktu tidak sesuai dengan yang di seting di system
      2. Cek kembali config.php untuk menentukan konfigurasi sistem yang kita bangun …
      Semoga membantu ….

  2. mau nanya mas.

    soal

    “9. Kita persiapkan file config.php dengan masuk ke folder C:\xampp\htdocs\perpustakaan\conf

    10. Copy paste isi dari config_default.php ke config.php yang akan kita buat

    11. Edit konfigurasi di config.php di bagian konfigurasi database ”

    maksudnya apa yah??

    • jadi intinya ketika kita pertama kali installl, kita harus mempunyai file config.php di dalam folder conf tadi, itu bisa terbentuk dari proses install atau kita bikin manual,
      klo kita bikin manual maka caranya adalah dengan meng-copy file config_default.php menjadi config.php,
      kemudian file config.php isinya / setingnya harus kita sesuaikan dengan seting yang ada di web server kita terutama dari sisi databasenya.

  3. saya sudah editing privileges…

    saya bisa install senayan automation library dan baru mulai belajar sama otomigenx ini…saya tidak mengerti point 9 s/d 10..
    mohon pencerahan mas

  4. Saya sudah coba install seperti langkah-langkah yang bapak buat tapi yang muncul adalah:
    setThemes(); $cTpl->title = “$rowconf[swName] | OtomiGenX v2.2 Ultimate Version”; session_start(); include $cCfg->setLanguage($_SESSION[‘userID’], $_SESSION[‘userType’], $_GET[lang]); ?> setTitle(); $cTpl->includeCSS(‘style.css’); ?>
    Otomigen.X
    Suggesting Collection / / /
    Online Library Services
    Top ^

    mohon bantuannya.
    Terima Kasih

    • Ketika saya beberapa kali install belum pernah dapat error seperti yg di sebutkan, untuk solusinya mungkin bisa di ulangi proses installnya, takutnya ada file yg kurang di aplikasinya …

      • saya sudah coba beberapa kali download softwarenya dan sudah coba install beberapa kali juga.
        Hasilnya tetap sama.

  5. coba anda login admin, terus apakah menu2 laporan bisa berjalan dengan lancar ? punya saya laporan error semua, barcode juga

    • Maaf. dulu Otomigenx ini hanya kami jalankan sesaat karena saat itu saya pilih sistem yang mana yang bisa untuk perpustakaan kami. dan otomitgenx tidak kami lanjutkan. sekarang saya pake SLIMS karena disana saya bisa bikin laporan – laporan yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan kami.
      Terimakasih.

Leave a Reply

