Memindahkan Moodle

ketika server yang baru selesai di install , maka selanjutnya adalah memindahkan E-Learning yang sebelumnya sudah ada di Hardisk yang terdahulu,

Langkah – langkah yang saya tempuh :

1. Konfigurasi LAN Card yang di system yang baru

2. Install XAMPP untuk webserver-nya.

3. Copy folder “Data” di dalam folder Xampp/mysql

4. Replace folder yang ada di system yang baru

5. Copy folder “moodle” yang ada “htdoc/moodle”

6. Paste di folder httdoc pada system yang baru.

setelah semua langkah di atas di lakukan maka saatnya untuk mencoba mengakses E-Learning yang sempat beberapa hari istirahat karena kerusakan server. Alkamdulillah berhasil dengan baik. ….

15 thoughts on “Memindahkan Moodle

  1. mas saya sudah memindahkan moodlenya tapi malah di situsnya g bisa login,cuma nampil halaman depannya saja itu gmn?

    • Untuk moodle yang di pindahkan ternyata tidak bisa log in , coba di cek pada saat memindahkan data basenya, ada dua cara memindahakan database, di copy langsung seperti yang saya sebutkan atau menggunakan tekni dump pada mysql nya….. setelah itu bisa di cek di tabel user di database kalau gak salah di “mdl_user”

  2. Kita sudah jalankan PAS lengkap dengan cetak raport, SMS dll. Kita mau buat E-learning dengan Moodle. Apakah bisa database yang sudah lengkap di PAS langsung diintegrasikan ke Moodle ? Mungkin seperti Simpas dari Bali itu mas (http://pasweb.smandapura.sch.id/). Kalo bisa mohon bimbingannya. Terima Kasih

    • bisa, database PAS-SMA bisa kita integrasikan dengan moodle karena pada prinsipnya hanya ada dua data yang bersinggungan antara PAS-SMA dan Moodle yaitu data pengguna yang kita ambil dari data pegawai di PAS-SMA dan data penilaian yang bisa ambilkan dari moodle untuk kita masukkan ke penilaian PAS-SMA …..

    • ….. untuk panduan integrasi PAS-SMA ke Moodle …. sementara ini belum ada (belum saya buat) … semoga kedepan saya ada kesempatan untuk mewujudkan hal itu …. …

  3. gimana caranya biar e-learning di server local pake xampp, biar bisa di access dari komputer lain…???

    mohon bantuan.. TerimaKasih

    • Untuk instalasi moodle atau e-learning di server, ketika mau instalasi awal seting yang kita masukkan jangan menggunakan “localhost”, tapi gunakan IP Server tsb, jadi ketika nanti di akses dari client maka moodle / e-learning yang kita install di server akan bisa di akses dengan baik, template bisa tampil dengan sempurna, file – file yang di tambahkan juga bisa di akses dengan baik,

      Kemudian untuk mengakses moodle dari client tinggal kita ketika aja di browser kita IP server yang terinstalll moodle tsb.

  4. bang,,ane ad maslah,,moodlenya gak bs dipake update data2 yang ada(berita situs,rincian kursus,download materi kursus) mslhnya kyknya di databsenya,coz q prnh impor dan ada error-nya.jadi q cm copy-paste biasa database backup ke direktori databasenyabisanya cuma di liat2 sj..

    • salah satu yang perlu kita cek di moodle ketika akan memindahkan adalah : alamat url tempat mengakses moodle di server yang baru apakah sama dengan alamat url di server lama, kalau sama gak masalah, kalau beda harus ada replace di file sql hasil backup sebelum di resote ke server yang baru.
      karena moodle akan menyimpan data – data yang kita masukkan akan di simpan dalam database berikut urlnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s