Seting WAP Linksys Model : WAP54G

Untuk kebutuhan koneksi internet di lingkungan kantor maka saya dan rekan – rekan di divisi IT memutuskan untuk membeli WAP Linksys model WAP54G. Perangkat ini satu – satunya di kantor, karena sebeumnya yang biasa kami pakai adalah Linksys WRT54GS. Untuk hal yang baru ini saya juga belum banyak tau bagaimana cara seting …..😦

Di dalam paket pembeliannya di sertakan :

– WAP54G

-LAN cable

-Adaptor

-CD

Dengan berbekal pengalaman untuk seting WRT54GS, maka segera saya masukan adaptor ke stopkontak, kemudian LAN cable ke port yang tersedia di Linksys WAP54G (disitu tersedia 1 port) dan kemudian saya konekkan ke Laptop yang mau saya pake untuk seting …….

Ternyata masalah muncul di sini …….

Setalah di cek di koneksi ke WAP-nya sudah terhubung tetapi laptop saya tidak mendapatkan IP seperti biasanya.  Di coba berulang – ulang tetap tidak bisa akhirnya ……

Harus ke Paman Google untuk minta tolong menurunkan ilmunya kepada saya …..

Akhirnya setelah beberapa saat mencari akhirnya ketemu juga  ……

Begini cara untuk seting Linksys WAP54G :

  1. Kita reset dulu (untuk memastikan setingan kembali ke default) dengan cara menekan tombol di belakang perangkat.
  2. Ubah konfigurasi di koneksi jaringan di Laptop kita yang akan kita gunakan untuk koneksi ke WAP54G, untuk konfigurasinya IP = 192.168.1.10 (untuk angka 10 bisa anga ganti asalkan bukan 245 dan 255) yang lain silahkan menyesuaikan.
  3. Hubungkan kabel dari WAP54G ke Laptop,
  4. Coba cek koneksi dengan  Ping ke 192.168.1.245
  5. Kalau test koneksi tadi sudah berhasil maka di lanjutkan ke browser
  6. Buka browser masukan ULR = 192.168.1.245 akan muncul dialog Username dan Password, kosongkan username dan isikan “admin” pada kolom password.
  7. Dan akhirnya kita bisa masuk ke halaman setup untuk WAP54G.
  8. Silahkan di masukan konfigurasi sesuai dengan konfigurasi di jaringan kita.

Setelah sukses mengkonfigurasi WAP54G, kini saatnya untuk mencoba terhubung dengan perangkat tersebut dan browsing ke Internet menggunakan perangkat tsb.

Ternyata ……………… gagal …………………………..

Harus mencoba – coba lagi  …………………………..

Ternyata untuk terhubung ke jaringan internet kita menggunakan Linksys WAP54G. Karena di konfigurasi saya menggunakan static IP maka ketika akan terhubung dengan perangkat tersebut dan bisa konek ke internet maka kita harus merubah setingan pada jaringan WIFI kita ke static IP.

Akhirnya sukses juga mengkonfigurasi Linksys WAP54G

2 thoughts on “Seting WAP Linksys Model : WAP54G

  1. mas klo ngubah pasword gmn??
    ap ku kok lampu cisconya g mau mati yah apa memang gitu??
    tak coba pake laptop lain bisa conect tp g bsa internet padahal klo pake laptop yang buat nyeting lancar2 aja tuh…
    apa karna lampu cisconya yah??
    jwb loh>>>

    • Oke … Tak coba jawab yaa🙂
      Untuk wap ini beda sama akses point wrt jadi untuk koneksi ke wap ini juga tidak seperti wrt, jadi seting untuk koneksinya harus sama antara laptop yg akan di hubungkan, misalnya di bikin static ip maka ketika kita akan terhubung ke wap tsb juga harus ngeset ip kita untuk satu kelas dengan wap tsb,
      Jadi coba untuk cek lagi konfigurasi masing-masing (laptop yg mau terhubung )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s