Install Win Xp di Acer Aspire 2930z

Sekilas melihat tampilan dan spesifikasi Aspire 2930z sama dengan seri 2920z yang berbeda hanya pada RAM dan tampilan bagian dalam yang berbeda warna aja. Jadi dengan mantap saya masuk ke bios untuk merubah boot dengan cd-room dan exit – save. Mulailah install win xp – nya. Dan ternyata ketika di tengah – tengah install munculah blue screen.

Usut punya usut ternyata di aspire 2930z tipe HD yang di gunakan adalah HD SATA AHCI yang tidak support Win XP. Tetapi masalah ini masih bisa di atasi dengan cara :

1. Masuk ke BIOS

2. Masuk MAIN

3. Ubah HD Mode dari AHCI ke IDE

4. Exit – save

5. Install Windows XP

Setelah semua langkah di jalankan maka sekarang windows xp bisa terinstall tanpa blue screen lagi.

7 thoughts on “Install Win Xp di Acer Aspire 2930z

    • Selama ini yang saya dapat selalu ada dua folder di dalam cd drivernya satu untuk XP satunya untuk Vista…
      mungkin bisa di tanyakan ke toko tempat membeli sekalian minta driver untuk WIFI nya, karen driver bawaannnya gak bisa untuk win XP.

  1. om saya baru beli acer 2930z tapi gak bisa instalnya pake windows xp. udah saya ganti hddnya jadi ide tetep belum mau. masalahnya saya gak bisa ganti setting bootnya. plis dong

  2. maturnuwun tipsnya pak,

    btw mau tanya 1 lagi bos, di acer aspire yang saya beli, type 2930z, wlan-nya pake yang acer Npifly, dan di cd drivernya tidak ada drivernya, jadi saya gak bisa install, mohon pencerahan,

    terima kasiiihhhh

    • Untuk driver Wifi memang tidak bisa memakai yang bawaannya, biasanya dari toko kita bisa minta driver khusu untuk wifi- nya, driver yang seharusnya memakai punya INTEL .

  3. ijin tanya ne. cara masuk ke biosnya gimana?Cz laen ma PC.dan kadang gak bisa detect hardisnya.klo gak slh kn pake sata.
    mohon penjelsanny ya…..
    thanks b4

    • Mohon maaf karena gak sempat bula Blog saya ini, baru bisa membalas di blog pada pagi ini. tetapi saya usahakan untuk membalasnya lewat email. Mohon maaf kepada para pengunjung semua.

      Untuk masuk ke BIOS pada Aspire 2930Z tekan F2 pada waktu boot.
      sebelum kita ubah “Mode HD” dari SATA ke IDE maka Master windows XP tidak akan mengenali HD kita yang ada di Aspire 2930z.

Leave a Reply

